Sabtu, 12 Februari 2011

Portofolio

PENDAHULUAN
 Anak adalah amanah. Ia merupakan titipan dari Allah agar kita menjaga dan mendidiknya dengan benar. Orangtua, lingkungan dan pendidikan mempunyai andil besar dalam menghantar anak meraih masa depannya.
Gardner (peneliti dan psikolog dari Harvard university) berpendapat bahwa kecerdasan terbentuk melalui keterlibatan dalam kegiatan-kegiatan yang bernilai budaya dan bahwa perkembangan seseorang dalam kegiatan tersebut mengikuti pola perkembangan tertentu. Dewasa ini kita semakin membutuhkan individu yang memiliki kemampuan dalam kecerdasan naturalis untuk melindungi ekosistem kita yang mulai terancam.
Tentu orangtua berperan besar dalam “mengkreasi” anak-anaknya, memilihkan pendidikannya, mengatur lingkungannya dan merawatnya di rumah dengan akhlak yang tinggi, memilih pendidikan anak yang profesional dan menciptakan lingkungan yang agamis, adalah harapan bersama masyarakat.

Menciptakan anak yang cerdas dan kreatif serta mampu mengenal lingkungannya, adalah tujuan kami. Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY menciptakan terobosan baru bagi pendidikan anak. Sekolah ini mengembangkan sistem klasikal (mengembangkan kecerdasan inovatif dan jiwa wirausaha) dan alam (mengenal dan memahami agribisnis).

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY melakukan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan lebih banyak di luar ruangan yaitu: di gazebo, di greenhouse, di bedeng sayur dan bunga, di kandang mini dan di sisi kolam ikan serta di dalam ruangan kelas dengan aktivitas di sentra-sentra yang tersedia, menonton film ilmu pengetahuan dan teknologi dan software komputer serta perpustakaan dan panggung boneka.

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY sebagai bagian dari sistem pendidikan alternatif yang diorientasikan untuk turut mempersiapkan peran strategis Sumber Daya Manusia yang berkualitas di masa depan.

Dalam mengembangkan sistem pendidikannya, Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY mengintegrasikan unsur-unsur :
  • Pendidikan umum: yakni agribisnis yang berwawasan lingkungan,, sehingga anak menjadi cerdas dan tanggap serta berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan.
  • Pendidikan agama: yakni agama Islam dengan menjadikan Al-Qur’an dan Sunah Rasulullah sebagai rujukan dalam semua kegiatan pembelajaran dan aktivitas siswa di sekolah
  • Kognitif, Afektif dan Psikomotorik, guna membentuk kepribadian yang mandiri, memiliki prinsip dan perilaku yang produktif serta berani mengambil resiko (mengembangkan jiwa wirausaha).
Oleh karena itu, Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY didukung oleh sarana dan prasarana, antara lain: memiliki gedung dua lantai permanen, lapangan rumput, green house, kandang mini, kolam ikan dan gazebo serta bedeng-bedeng untuk menanam sayur dan bunga-bungaan. Berbagai buku-buku ilmu pengetahuan, software komputer dan aneka permainan edukatif juga telah dimiliki untuk menunjang kegiatan belajar mengajar pada sekolah ini. Dengan sarana dan prasarana yang ada diharapkan mendukung terciptanya semangat belajar dan pengembangan potensi yang tinggi dari siswa.

TUJUAN

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY bertujuan untuk:
  1. Terwujudnya lembaga pendidikan Islam yang mampu mengantisipasi tuntutan SDM di masa depan
  2. Terselenggaranya kegiatan belajar mengajar yang efektif
  3. Terbentuknya pribadi siswa yang Beraqidah Lurus (Aqidah yang shahih), Berakhlak Mulia (Akhlaqul Karimah, Cerdas dan kreatif (Aqliyah Dzakiyah),  Sehat, Kuat dan Cekatan (Jismul Qowiyyah), dan Terampil dan Produktif (Amaliah Sholihah)

METODE BELAJAR MENGAJAR

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY menggunakan Kurikulum Nasional (Depdiknas), dan berorientasi pada kurikulum berbasis Kompetensi (KBK) yang diperkaya dengan sistem pendekatan Islam, yaitu pendekatan yang berusaha mengintegrasikan antara pelajaran umum dan pelajaran agama yang seimbang, serta ditambah dengan paket pendidikan khusus yang meliputi :
  1. Pendidikan agribisnis, merupakan cara mendekatkan pemahaman siswa akan peranan sektor pertanian bagi kehidupan manusia, dengan cara bereksplorasi, bereksperimen dan mengembangkan kreativitasnya.
  2. Kepanduan dan sarana permainan Outbound, agar siswa menjadi lebih berani dan menumbuhkembangkan sikap-sikap wirausaha dan kepemimpinan (leadership) pada diri anak.

PENDEKATAN PENDIDIKAN

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY mengembangkan pendekatan kekeluargaan dalam pendidikan. Pembentukan sikap disiplin dan kepribadian anak didik tidak dilandasi hukuman-hukuman sebagaimana lazimnya dilakukan, melainkan dikembangkan dengan nasehat yang ma’ruf dan dialog. Namun tidak berarti tiada sanksi samasekali. Saksi dipilih dan diterapkan dengan cermat dan bijaksana. Pendekatan ini didasarkan atas pertimbangan :
  1. Agar anak didik melakukan kebaikan atas kesadaran dari dalam diri sendiri sehingga tetap melaksanakannya ketika tidak berada di sekolah
  2. Agar anak didik tidak merasa menerima hukuman sebagai hal yang biasa. Hal ini berbahaya jika kelak ia berada di masyarakat
  3. Pendidikan dengan banyak sanksi tidak sehat bagi perkembangan psikologis dan emosi anak (EQ)

WAKTU BELAJAR

Kelompok Bermain : pukul 07.30 - 10.00 wib, setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at
Taman Kanak-Kanak : pukul 7.30 - 10.30 wib, setiap hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jum’at
Sanggar & Ekstrakurikuler : pukul 08.00 - 12.00 wib, Setiap hari Sabtu dan atau Minggu.

TENAGA PENGAJAR

Tenaga pengajar pada Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY adalah guru yang ahli di bidangnya terdiri dari Sarjana dan PGTK. Selain memiliki kompetensi akademik, juga memiliki integritas kepribadian yang cinta anak.

TENAGA PELAKSANA PEMBANTU
  • Membantu guru menangani kesehatan anak seperti ke kamar kecil, gosok gigi, ganti baju, dal lain-lain
  • Memberikan obat kepada anak yang membawa obat
  • Merawat barang-barang kesehatan anak
  • Menghidangkan makanan kepada guru / anak bila ada (saat makan bersama, pesta kebun, dll)
  • Membersihkan ruang kelas, meja dan kursi, alat-alat permainan sebelum dipakai
  • Membersihkan ruang kantor
  • Membersihkan dan merapikan lingkungan sekolah baik lingkungan dalam maupun luar

PEMBINA PENDIDIKAN
  • Penyuluhan kepada Guru, tenaga Adm dan PKBTK (Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-Kanak)
  • Pembina dan penasehat tentang pengadaan sarana dan prasarana TK
  • Pembinaan dan pengawasan tentang tehnis pelaksanaan PKBTK
  • Mengadakan supervisi administrasi dan PKBTK (sesuai dengan kebutuhan )
  • Pembina dan penasehat untuk pelaksanaan Hari Besar Nasional (HBN)

PENYUSUNAN KURIKULUM

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY memiliki kurikulum terintegrasi yang memandang pelatihan fisik, moral dan intelektualitas harus sepenuhnya didasarkan pada pengalaman-pengalaman konkret. Kurikulum ini terdiri dari kegiatan yang melibatkan partisipasi aktif/gerak tubuh siswa dengan kegiatan memanipulasi dan menciptakan karya (bakat) disamping bermain, menyanyi, berkebun dan merawat binatang.

Dengan demikian siswa akan dibantu untuk mengintegrasikan proses belajar sampai pada level yang mendalam sehingga akan sangat membantu meningkatkan memori dan pemahaman mereka, sebab bagi seorang anak seluruh potensi kecerdasannya harus mendapat dukungan dari orangtua dan juga sistem pendidikan nasional. Seorang anak hendaknya dibekali dengan cara pembelajaran efektif yang memadukan hiburan dengan permainan warna, kebugaran fisik, kesehatan emosional dan cara berpikir kreatif.

Menurut Emile, bahwa anak harus belajar bukan melalui kata-kata, melainkan melalui pengalaman, dan bukan melalui buku, melainkan melalui “buku kehidupan”. Sedangkan menurut Plato, bahwa jangan gunakan paksaan, tetapi PORTO FOLIO-Kelompok Bermain & Taman Kanak-Kanak AL-MAY -- 5
biarkan pendidikan awal menjadi sesuatu yang menyenangkan dan anda akan lebih mudah menemukan bakat-bakat alam.

Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegence) mengkondisikan penyusunan kurikulum berdasarkan tema dengan cara memastikan bahwa kegiatan-kegiatan yang dipilih untuk suatu tema akan mengaktifkan kedelapan kecerdasan sehingga akan membangkitkan bakat alami setiap anak. Teori Kecerdasan Majemuk memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan strategi pengajaran inovatif yang relatif baru di dunia pendidikan, yaitu dengan cara memakai strategi pengajaran yang berbeda-beda atau penekanan kecerdasan yang selalu berganti-ganti sehingga setiap siswa dengan kecenderungan kecerdasan tertentu pasti mendapatkan kesempatan berkembang secara aktif dalam proses belajar.

Seorang guru tidak akan merendahkan atau menyalahkan siswa tetapi membantu mempertajam kemampuan berpikir kritis siswa sehingga mereka tidak lagi berpendapat hanya karena emosi atau keinginan sesaat. Seperti layaknya sekolah yang mengembangkan Kecerdasan Majemuk maka sekolah AL-MAY lebih mirip dengan dunia nyata dan kurang mengesankan sebagai sekolah. Model pengajaran yang dipakai adalah model pengajaran yang mirip atau secara significan mencerminkan kehidupan yang nyata atau bersifat tematis.

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY memiliki program yang lebih mengkhususkan diri pada pengembangan satu atau lebih kecerdasan. Kecerdasan Naturalis adalah kecerdasan yang menjadi pilihan sekolah ini.

STRATEGI PENGAJARAN DELAPAN KECERDASAN
  1. Kecerdasan Linguistik: Bercerita, Curah gagasan, Merekam dengan tape recorder, Menulis jurnal,  Publikasi
  2. Kecerdasan Matematis – Logis: Kalkulasi dan kuantifikasi, Klasifikasi dan kategorisasi, Pertanyaan Sokratis (guru berperan sbg penanya dari sudut pandang siswa), Heuristik, Penalaran ilmiah
  3. Kecerdasan Spasial: Visualisasi, Penggunaan warna, Metafora gambar, Sketsa gagasan, Simbol grafis
  4. Kecerdasan Kinestetis: Respon tubuh, Teater kelas, Konsep kinestetis, Hands-on thinking, Peta tubuh
  5. Kecerdasan Musik: Irama, Lagu, Rap dan senandung,  Diskografi, Musik Supermemori, Konsep musikal, Musik suasana
  6. Kecerdasan Interpersonal: Berbagi rasa dengan teman sekelas, Formasi patung dari orang, Kerja kelompok, Board Games, Simulasi
  7. Kecerdasan Intrapersonal: Sesi refleksi satu menit, Hubungan materi pelajaran dengan pengalaman pribadi, Waktu memilih, Momentum mengekspresikan perasaan, Sesi perumusan tujuan
  8. Kecerdasan Naturalis: Jalan-kalan di alam terbuka, Melihat keluar jendela, Tanaman sebagai dekorasi, Membawa hewan piaraan ke kelas, Ekostudi

MANAJEMEN KELAS

Manajemen Kelas diperlukan untuk menjaga ketenangan dan memastikan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Manajemen Kelas dilakukan dengan cara (1) Menarik perhatian kelas, (2) Mengkomunikasikan peraturan kelas, (3) Membentuk kelompok, dan (4) Menangani perilaku individual

Dengan menggabungkan beberapa aspek pendidikan Kecerdasan Majemuk, untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyeluruh, yang meliputi: (1) Pengajaran sehari-hari melalui 8 kecerdasan, (2) Tema berskala sekolah, (3) Kelompok Bermain

PROGRAM BELAJAR MENGAJAR
  1. Program Penerimaan Murid Baru (Spanduk, brosur dan leaflet)
  2. Target Kurikulum untuk kelas Kelompok Bermain, TK A dan TK B
  3. Kesiapan administrasi (perijinan, fomulir pendaftaran, kwitansi dan stempel, Kop Surat, buku induk siswa, buku penghubung, buku paket, perlengkapan menggambar dan mewarnai)
  4. Program Penunjang (Bila ada)
  5. Program Kegiatan Litbang/Tenaga Ahli
  6. Jadwal Kegiatan Tenaga Ahli
  7. Daftar Menu Makanan Sehat/Tambahan
  8. Program Pelaksanaan Pusat Sumber Belajar
  9. Program Pembinaan Guru
  10. Daftar Tugas dan Koordinator Guru
  11. Program POMG
  12. Kalender Pendidikan (disusun untuk kegiatan satu tahun)
  13. Daftar Murid
  14. Keadaan SDM
  15. Tata Tertib

PROGRAM KHUSUS
  1. PROGRAM KURIKULER: Program kegiatan sekolah yang berhubungan dengan KBM berisi GBPKB dengan kurikulum Pertanian berlandaskan Agama Islam (Sesuai dengan visi dan misi Sekolah AL-MAY); Pemahaman Pertanian secara umum, Sesuai dengan kurikulum agama, Ramah lingkungan sesuai keinginan
  2. PROGRAM LITBANG (TENAGA AHLI): Kelancaran proses kegiatan belakar mengajar (KBM) tidak hanya ditentukan oleh kegiatan-kegiatan dalam proses belajar mengajar itu sendiri, namun secara tidak langsung juga ditentukan oleh faktor lain/di luar KBM. Maka dari itu Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY mengambil beberapa tenaga ahli dari luar yang meliputi : Agama Islam (Ulama/Ustadah), Ahli Pertanian dan Landscaper, Dokter Umum/Bidan Posyandu, Dokter Gigi,  Psikolog Anak
  3. PROGRAM SARANA DAN PRASARANA: Ruang UKS bila ada, Kotak P3K, Lemari arsip, koleksi buku dan alat peraga, Menambah alat peraga (Kartu Iqro’, miniatur rumah, transportasi, dll), Melengkapi peralatan pertanian, Menambah koleksi perpustakaan, Panggung boneka dan aneka bentuk boneka, Alat musik ritmis dan melodis, Mainan edukatif (Puzzle, bola, balok warna, dll), Televisi, Radio Casette, VCD dan Komputer, Kaset lagu anak, nasyid, asmaul husna, surat Al-Qur’an, CD ROM Interaktif, Film Ilmu Pengetahuan, Koleksi benih dan bibit sayur dan bunga, satwa, Peralatan memasak, peralatan makan dan minum, Kamar mandi, Peralatan menggambar, mewarnai, dan menulis (buku tulis, buku gambar, buku mewarnai, kertas warna, pensil, krayon, gunting kecil, lem, kertas bergambar, dll), Aneka buku paket sesuai PKB, Melengkapi keperluan kelas (Kursi/bangku, Meja belajar, Karpet, Papan tulis, Locker murid dan guru, Alat-alat kebersihan, Rak sepatu), Halaman Sekolah (Tempat berwudlu, Gazebo, Bedeng Tanaman Sayur, Bunga dan Buah, Rumah plastik dan paranet, Rak untuk pot, Kandang binatang peliharaan, Kolam Ikan)

KEGIATAN KHUSUS

  1. Menjenguk keluarga siswa yang sakit, melahirkan dan menikah
  2. Kunjungan wali dan guru kelas ke rumah siswa
  3. Pembagian zakat fitrah
  4. Pembagian Daging Qurban
  5. Kunjungan ke rumah yatim piatu/fakir miskin di sekitar sekolah
  6. Memberikan santunan anak yatim dan fakir miskin
  7. Memberikan beasiswa pada anak yatim dan fakir miskin
  8. Kunjungan rutin mingguan ke rumah siswa
  9. Membuat makanan dan makan bersama

PENDAFTARAN SISWA BARU

Tempat Pendaftaran adalah di Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY, Jl Ruby 21 Pondok Kencana Permai, Padasuka, Ciomas Bogor, Telepon: (0251)7521083 dan (0251) 8900245.  Waktu Pendaftaran dialokasikan pada bulan Januari sampai dengan bulan Mei setiap tahunnya. Syarat Pendaftaran :
  1. Kelompok Bermain : minimal usia 3 tahun
  2. Taman Kanak-Kanak : minimal usia 4 tahun
  3. Mengisi formulir dan menyerahkan: Fotocopy Akte Kelahiran, Fotocopy KTP orangtua masing-masing 1 lembar, Pas Photo (3x4) sebanyak 3 lembar, Daftar ulang serta menyelesaikan administrasi keuangan

ORGANISASI

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY merupakan lembaga pandidikan yang berada di bawah “YAYASAN RABBANI”, yaitu yayasan yang fokus utamanya adalah mengembangkan sumberdaya manusia. Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak AL-MAY dikembangkan oleh Yayasan Rabbani melalui Program Pendidikan Anak Usia Dini.

Perangkat organisasi Yayasan Rabbani adalah:
  1. Pendiri: Dr. Ir. H. Rachmat Pambudy, MS
  2. Pembina : Dr. Ir. H. Rachmat Pambudy, MS dan Dr. Ir. Andriyono Kilat Adhi, MSc
  3. Pengawas : Dr. Ir. Nachrowi Ramli, MSc dan Ir. Wahyu Budi Priatna, MS
  4. Ketua : Ir. Burhanuddin, MMA
  5. Sekretaris : Ir. Leni Nuraeni
  6. Bendahara : Ir. Lita Herlinawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar